Mengenal Ciri Bangle dan Manfaatnya


Mengenal Ciri Bangle dan Manfaatnya
Bangle merupakan tanaman jamu jamuan yang masih berkerabat dengan temulawak, dari namanya saja masih sangat asing terdengar tapi sebenarnya sebagian dari kita sudah tau bentuk tanaman ini. Bangle banyak tumbuh dikawasan india hingga kekawasan indonesia, tumbuh subur didaerah tropis yang memiliki cukup cahaya matahari. Didaerah jawa tanaman ini ditanam atau dibibitkan sebagai tanaman rempah atau hebal, biasa digunakan untuk memasak atau sebagai obat atau jamu.
Mengenal Ciri Bangle dan Manfaatnya

Umumnya bangle hidup ditanah yang kering namun bisa tumbuh ditanah yang tergenang air atau becek akan tetapi pertumbuhannya akan terganggu dan rimpang cepat membusuk. Untuk ketinggian dataran, bangle biasa tumbuh dikawasan dataran rendah hingga dengan ketinggian 1.300 m dpi, itu berarti Indonesia termasuk daerah yang cocok untuk ditanami tanaman bangle. Bangle termasuk jenis tanaman herbal semusim, tumbuh tegak dengan tinggi 1-1,5 m, membentuk rumpun yang agak padat, berbatang semu, terdiri dari pelepah daun yang dipinggir ujungnya berambut sikat. Bangle juga memiliki daun tunggal, letak berseling. Helaian daun lonjong, tipis, ujung runcing, pangkal tumpul, tepi rata, berambut halus, jarang, pertulangan menyirip, panjang 23–35 cm, lebar 20–40 mm, warnanya hijau.
Mengenal Ciri Bangle dan Manfaatnya

Bangle memiliki bunga yang majemuk, berbentuk tandan, keluar di ujung batang, panjang gagang hingga 20 cm. Bagian yang mengandung bunga berbentuk  bulat telur atau seperti gelendong, memiliki panjang 6–10 cm, dengan lebar 4–5 cm. Daun kelopak tersusun seperti sisik tebal, kelopak berbentuk tabung, ujungnya bergerigi tiga, memiliki warna merah yang menyala. Bibir bunga berbentuk  bundar memanjang, memiliki warna yang putih atau pucat. Bangle mempunyai rimpang yang menjalar dan berdaging, bentuknya hampir bundar hingga jorong atau tidak beraturan, tebal 2–5 mm. Permukaan luar tidak rata, berkerut, kadang-kadang dengan parut daun, meliki warna coklat muda kekuningan, bila kita belah berwarna kuning muda sampai kuning kecoklatan. Rasanya tidak enak, pedas dan pahit. Bangle digolongkan sebagai tanaman  rempah-rempah yang memiliki khasiat obat. Panenan dilakukan setelah tanaman berumur satu tahun. Perbanyakan dengan stek rimpang.

Mengenal Ciri Bangle dan Manfaatnya
Bangle dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit, sebagian masyarakat kita tanpa disadari mereka telah mengkonsumsi bangle,kok bisa? itu dikarenakan bangle merupakan bahan jamu jamuan yang dijual oleh pedagang jamu keliling. Bangle juga dijadikan rempah untuk makanan atau rempah untuk masakan. Tertarikkah anda membibitkan bangle yang bagus khasiatnya ini ?

Mengenal Ciri Bangle dan Manfaatnya





sumber : wikipedia

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »