Manfaaat Kedelai Bagi Tubuh Manusia


Kedelai merupakan jenis kacang kacangan yang kaya protein, bahkan kedelai bisa di jadikan alternative daging bagi masyarakat yang tidak bisa mengkonsumsi daging. Selain itu kedelai juga banyak di olah menjadi bahan makanan. Salah satunya tempe.
Tempe kedelai sangat populer di masyarakat kita, lantas ada sebagian masyarakat mengatakan tidak ada tempe terasa ada yang kurang atau tidak lengkap rasanya tanpa tempe.
Selain itu kedelai juga bisa di olah menjadi tahu, dan dapat di jadikan alternative susu sapi seperti susus kedelai.

Melihat kedelai cukup populer di masyarakat kita, tak lengkap rasanya jika kita tidak tau manfaat dari kedelai ini. Di kesempatan ini kita akan membahas tentaang kedelai.
Apa saja kah manfaat dari kedelai .
Simaklah  manfaat kedelai berikut ini

1. Kaya akan protein

 Protein pada kedelai yang di sebut sebut sebagai protein nabati ternyata sangat tinggi dan baik bagi tubuh manusia, selain itu juga protein di kedelai sangat cocok bagi anak anak di masa pertumbuhan dan dapat mencerdaskan otak. Anak anak yang mengkonsumsi protein kedelai cenderung sehat dan tak gampang sakit.

2. Memperlancar sistem pencernaan

ini di karenakan kedelai banyak mengandung serat larut  yang dapat mempercepat pembuangan sisa sisa makanan keluar melalui pencernaan, selain itu serat kedelai juga mengatur manajemen tubuh, yang dapat mengontrol berat badan tubuh kita

3. Mencegah osteoporosis

 Kedelai mengandung isoflavon, yaitu zat yang memiliki struktur kimia yang sangat mirip dengan estrogen. Kesehatan tulang menjadi amat rentan pada usia lanjut. Hal ini karena penyerapan kalsium yang mulai melemah.Selama masa menopause kadar estrogen ini akan menurun dan isoflavon ini berikatan dengan reseptor estrogen dalam sel yang akan meringankan gejala menopause. Isoflavon akan meningkatkan kepadatan tulang pada wanita dan menawarkan perlindungan terhadap osteoporosis.

4. Mengurangi resiko penyakit jantung 

 Protein dan isoflavon hadir dalam kedelai, membantu dalam mengurangi Kolesterol LDL (Kolesterol "jahat") serta penurunan kemungkinan pembekuan darah. Hal ini pada gilirannya, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Penelitian menunjukkan, konsumsi susu yang mengandung 25 gram protein kedelai selama sembilan minggu mengakibatkan penurunan 5% Kolesterol LDL rata-rata

5.  Pengganti susu sapi

Protein di dalam kedelai tak kalah baiknya dengan susu sapi, selain itu juga susu kedelai bisa di konsumsi bagi vegetarian.


Masih banyak dari segudang manfaaat dari kedelai yang belum kita ketahui, hal itu bisa kita rasakan karena setiap hari nya kita mengkonsumsi kedelai, contohnya tempe.
sapa yang tak kenal tempe, makanan khas dari indonesia dari golongan bawah sampai golongan atas

referensi : 1. http://health.kompas.com/read/2011/07/13/15145479/8.manfaat.kedelai.bagi.kesehatan
                 2. http://manfaat.co.id/10-manfaat-kedelai-berdasarkan-kandungan-gizinya

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »