Apa itu Honje hutan dan Manfaatnya


Apa itu Honje hutan dan Manfaatnya
Honje hutan atau Etlingera hemisphaerica adalah jenis tanaman yang masih kerabat dengan jahe-jahean yang berasal dari asia tenggara dan diduga berasal dari pulau jawa. Honje hutan sering dijadikan sebagai rempah masakan dan sering juga di jadikan lalapan. Rasanya yang asam dan segar membuat honje hutan gemar dijadikan lalapan bagi sebagian kalangan masyarakat jawa.

Sebagian besar yang kita ketahui, tanaman jahe-jahean ini hidup di dataran rendah dan memiliki tanah yang kering, kebanyakan tidak bisa hidup ditanah yang becek ataupun tergenang air. Honje hutan juga memiliki persamaan bentuk dengan tanaman jahe-jahean lainnya. Batang honje yang lunak sebenarnya adalah kumpulan dari pelepah pelepah daun yang menggulung hingga menyerupai batang. Masing-masing batang semu dapat mencapai tinggi hingga 7 m dan gemang 2,5 cm, berwarna hijau tua, bulat torak, membesar di pangkalnya. Rimpangnya tebal, kuat, banyak bercabang, dengan tunas hijau terang.

Apa itu Honje hutan dan Manfaatnya
 Daun honje hutan mencapai  15-25 helai yang tersusun dalam dua baris di batang semu, berseling, yang paling bawah jauh lebih kecil dari daun yang berada di bagian atas, helaian daun yang jorong memanjang sekitar 15-75 cm × 5-15 cm, dengan pangkal yang membulat atau kadang-kadang berbentuk jantung atau asimetris, tepi berjumbai halus, dan ujung meruncing pendek, hijau perunggu, gundul namun dengan banyak bintik dan urat daun yang kemerahan, dengan sisi bawah yang  berwarna merah anggur.

Bunga dalam karangan padat berbentuk seperti gasing, muncul seperti lateral dekat pangkal batang semu, bertangkai panjang sekitar 35-100 cm × 1-1,5 cm dengan daun-daun pelindung di tangkai antara 5-12 cm panjangnya. Daun pelindung karangan bunga berbentuk bundar telur-jorong sekitar 5-10 cm × 3-7 cm berwarna merah, berdaging, ujung membulat atau dengan runcingan yang  pendek, dengan tepian (margin) berwarna hijau terang. Bunga-bunga memiliki jumlah yang banyak, 4-7 cm panjangnya. Daun pelindung bunga 3,5 cm × 1 cm, lebih pendek daripada bunga berwarna  merah dengan tepian berwarna hijau pucat. Seludang bunga (brakteola) agak tembus pandang, tersaput kemerahan, hingga 2,5cm panjangnya. Kelopak berwarna merah, bertaju 3 pendek, panjang lk. 3,5 cm, terbelah di satu sisi. Mahkota bentuk tabung, 4-5 cm, putih, dengan taju 3 berwarna merah. Labellum bundar telur lebar, bentuk perahu, ujung membundar dan tepian menggelombang, 2-2,5 cm panjangnya, merah dengan margin kuning kecuali ke arah pangkal. Benang sari dengan tangkai berwarna putih dan kepala sari yang merah terang di belakangnya. Putik dengan tangkai merah terang dan kepala putik yang besar, merah menyala.

Apa itu Honje hutan dan Manfaatnya
Buah berjejalan dalam bongkol hampir bulat berdiameter hingga 12 cm; butir buahnya yang besar, berukiuran sekitar 5 cm × 2,5 cm, dengan paruh sekitar 1,5 cm, memiliki rambut halus pendek di luarnya dan berwarna kuning. Berbiji banyak, coklat kehitaman, bulat telur menyudut, diselubungi salut biji (arilus) putih bening yang berasa masam.

Pemanfaatan honje hutan juga bervriasi, bunga honje yang rasanya asam dijadikan sebagai rempah atau penyedap masakan. Sebagian bunganya dapat dijadikan lalap dan disantap dengan sambal.
Untuk pemanfaatannya sebagai obat obatan, mungkin akan kita bahas di lain kesempatan.
Apa itu Honje hutan dan Manfaatnya


sumber : wikipedia

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »