Manfaat Buah Pisang Bagi Tubuh Manusia


Manfaat Buah Pisang Bagi Tubuh Manusia
Pisang adalah tanaman yang tak asing lagi di masyarakat. Pisang ada banyak jenisnya dan bentuknya. Di kesempatan ini kami akan membahas manfaat pisang secara umum, berarti ini hanya membahas pisang secara umum bukan jenis pisang tertentu

Pisang kebanyakan tumbuh di daerah tropis seperti negara kita, jenis pisang pun beragam di setiap daerah nya. Adapun buah pisang berbuah hanya 1x di setiap pohon nya, dan buahnya cukup banyak yang terdiri dari beberapa tandan, dalam 1 tandan biasanya terdapat 15-20 buah.

Umumnya pisang memiliki warna hijau saat mentah dan berwarna kuning saat matang, ada juga pisang yang matangnya tetap berwarna hijau. Rasa buahnya sangat enak, lembut, manis, serta dapat di konsumsi oleh segala umur terkecuali bayi di bawah 1 tahun. Untuk pemanfaatan pisang biasanya masyarakat menjualnya atau mengkonsumsinya, adapun cara mengkonsumsinya adalah dengan cara memakan langsung atau dengan mengolahnya menjadi makanan lain nya seperti pisang goreng, bubur pisang, pisang rebus, atau pisang bakar.

Untuk gizi buah pisang sudah tidak diragukan lagi, oleh karena itu pisang merupakan primadona masyarakat kita. Mau di manapun pisang selalu menjadi santapan kita semua, bahkan saat sakitpun buah pisang tetap menjadi buah yang menjadi kewajiban di konsumsi. Melanjutkan tentang gizi pisang, pisang merupakan sumber energy bagi tubuh dikarenakan kaya akan karbohidrat selain itu juga kaya akan nutrisi lain nya seperti mineral, kalium, vitamin, dan antioksidan

Beberapa manfaat ini mungkin sudah umum diketahui orang ramai, akan tetapi mungkin saja ada yang belum. simaklah manfaat buah pisang berikut ini
Manfaat Buah Pisang Bagi Tubuh Manusia

1. Memperlancar pencernaan
Serat yang tinggi pada pisang sangat baik bagi pencernaan, selain itu juga memperlancar buang air besar.

2. Memberikan energy
Pisang merupakan buah yang kaya akan karbohidrat, oleh karena itu pisang juga memberikan energy yang cukup jika di konsumsi. Perlu diketahui, pisang memberikan energy instant ketika di konsumsi saat itu juga.

3. mengandung glukosa yang baik 
Kandung glukosa sangat baik bagi otak, glukosa jika masuk kedalam tubuh menghasilkan energy. energy itu akan di transfer ke otak sehingga sangat berguna.

4. Kaya akan mineral
Buah pisang sangat  kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan zat besi. Bila kita dibandingkan dengan jenis jenis makanan nabati lain, mineral pisang, khususnya zat besi, hampir 100 persen  dapat diserap tubuh. Berdasarkan berat kering, kadar zat besi pada pisang mencapai 2 miligram per 100 gram dan seng 0,8 mg. Bandingkan dengan buahapel, yang hanya mengandung 0,2 mg besi dan 0,1 mg seng untuk berat sekitar 100 gram.

5. Kaya akan vitamin
Kandungan vitamin pada buah pisang sangatlah tinggi terutama provitamin A, yaitu betakaroten, sebesar 45 mg per 100 gram berat kering dan mengandung vitamin B, yaitu tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6 (piridoxin).

Pisang cukup berperan penting bagi kesehatan tubuh kita, hal ini sudah teruji dan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsinya setiap hari secara teratur.

sumber : wikipedia

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »