Manfaat Tanaman Jambu Monyet atau Jambu mede


Manfaat Tanaman Jambu Monyet
Jambu mede atau jambu monyet di kenal beberapa masyarakat kita, pemanfaatan jambu mede saat ini belum maximal dikarenakan permintaan pasar yang sedikit selain itu juga tidak adanya alat untuk pengolahan lebih lanjut. Jambu monyet adalah jenis tanaman dari suku Anacardiaceae yang berasal dari negara Brasil dan memiliki "buah" yang dapat dimakan. Selain itu jambu monyet juga banyak di kenal dengan nama jambu mede atau jambu mete atau jambu mente dan banyak lagi sebutan untuk buah ini. Banyak masyarakat mengira jambu monyet merupakan buah dari kerabat jambu dan ada juga yang mengatakan jenis kacang kacangan akan tetapi sebenarnya jambu monyet lebih dekat dengan kerabat mangga atau termasuk jenis mangga manggaan.
Manfaat Tanaman Jambu Monyet

Pohon jambu monyet jika kita perhatikan cukup bervariasi ketinggian nya, ada yang memiliki ketinggian yang rendah dan ada yang mencapai ketinggian hingga 12 meter. Memiliki daun yang lebat serta rindang dengan batangnya yang bercabang cabang hingga sering sekali pohon jambu monyet ini dijadikan tempat untuk berteduh atau bersantai ria. Umumnya buah atau bunga dari jambu monyet memiliki aroma tersendiri yang sebagian masyarakat menyukainya

Sejatinya jambu monyet dibibitkan untuk diambil buahnya akan tetapi lebih banyak yang dimanfaatkan adalah biji dari jambu monyet, kebanyakan biji jambu monyet dimanfaatkan untuk produk kue, cemilan, dan produk makanan lain nya. Biji jambu monyet yang memiliki rasa yang enak, berminyak, serta agak berlemak memiliki sensasi sendiri saat di konsumsi.
Manfaat Tanaman Jambu Monyet

Biji buah jambu monyet juga dapat diekstrak menjadi minyak yang baik bagi kesehatan kita, yang bisa juga dijadikan minyak urut. selain itu juga kulit biji jambu monyet bisa dijadikan pangan atau makanan ternak yang juga memberi nutrisi pada ternah kita.

Untuk daun nya sendiri banyak di manfaatkan untuk pengobatan seperti dijadikan sebagai obat kulit, seperti penyakit kulit, gatal gatal, dan dijadikan obat untuk ruam ruam pada kulit dan pengobatan tradisionalnya.
Manfaat Tanaman Jambu Monyet

Sebenarnya hampir semua bagian dari pohon jambu monyet dapat digunakan atau dimanfaatkan, selain untuk pengobatan tradisionan juga bisa dimanfaatkan untuk produk lainnya seperti lem kertas pada getahnya, dan sebagai perekat kusen anti rayap. Banyak lagi manfaat dari tananman  jambu monyet yang sebenarnya belum diketahui dan belum dimanfaatkan orang ramai. Mungkin anda dapat memulainya dengan menjadikan jambu monyet sebagai peluang usaha anda ? Mengapa tidak.

sumber : wikipedia

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »