manfaat mengkonsumsi sayur bayam


manfaat mengkonsumsi sayur bayam

Bayam merupakan tanaman yang berasal dari amerika, namun demikian bayam telah tersebar ke penjuru dunia dan mudah di dapatkan. Tanaman ini sering kali di manfaatkan untuk sayuran dan olahan olahan lain nya.
Tidak mudah mencari bayam karna bayam banyak di jual di warung dan pasar pasar, serta tidak sulit juga untuk menanam nya. Beberapa hal yang perlu di ketehaui bayam di percaya banyak mengandung nutrisi sehingga bayam termasuk sayuran yang cukup di minati di kalangan masyarakat.
Siapa yang tak mengenal bayam ? saya yakin semua pasti mengenalnya, sebut saja syur bening. Orang akan mengira bahan dasarnya bayam.
Apa saja sih manfat dari bayam, mari kita simak bersama :

manfaat mengkonsumsi sayur bayam


1. Penting Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Bayam merupakan salah satu sayuran yang sangat tinggi kandungan vitamin A, kita ketahui bahwa vitamin ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mata agar penglihatan tetap baik.

 2. Menjaga kesehatan jantung
Plak kolesterol pada pembuluh darah arteri akan meningkatkan resiko penyakit jantung. Antioksidan pada bayam mencegah menumpuknya kolesterol dan juga mampu mengontrol tekanan darah yang menjauhkan dari penyakit hipertensi.

 3. Menutrisi Tulang dan Sendi

Kandungan kalsium yang terdapat dalam bayam mampu untuk menguatkan semua tulang pada tubuh. Sehingga dapat meminimalisir terjadi pengeroposan pada tulang atau osteoporosis sedini mungkin
dengan rutin mengkonsumsi bayam.



4. Melawan Sel Kanker atau Mencegah Kanker

Manfaat bayam dapat melawan sel kanker. Hal ini karena vitamin A dan C, serat, asam folat, serta 13 flavonoid yang terdapat dalam kandungan bayam bermanfaat untuk memerangi sel kanker. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan pada bayam tersebut dapat menurunkan resiko terserang kanker sebesar 34% terutama terserang kanker rahim, kanker payudara, kanker kulit, kanker prostat, dan kanker perut.

5. Baik Untuk Anemia

Bayam mengandung zat besi yang sangat baik untuk memproduksi sel darah merah yang diperlukan oleh tubuh manusia. Kekurangan darah merah atau yang lebih dikenal anemia, maka ada baiknya anda mulai mengkonsumsi bayam secara rutin agar terbebas dari anemia.


6. Melancarkan Pencernaan

Bayam merupakan sayuran hijau yang sangat tinggi kandungan serat, hal ini sangat berdampak pada kesehatan pencernaan dalam tubuh manusia. Jika anda mengalami masalah BAB atau pencernaan lainnya ada baiknya anda mengkonsumsi bayam sebagai menu harian anda.


7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Satu cangkir bayam dapat mengandung lebih dari 337 % dari AKG (Angka kecukupan gizi) vitamin A, yang tidak hanya melindungi saja, tetapi memperkuat "entry point" ke dalam tubuh, seperti saluran pernapasan, saluran kemih dan usus, membran mukosa, tetapi juga merupakan komponen penting dari sel darah putih yang membantu melawan infeksi.


reference : 1. http://ayokesehatan.blogspot.co.id/2014/07/15-manfaat-bayam-bagi-kesehatan-tubuh.html
             2, http://manfaat.co.id/manfaat-bayam

Share this

Related Posts

First