Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh Manusia


Manfaat  Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh Manusia
Buah delima yang berasal dari Iran ini ternyata memiliki nilai kepopuleran yang baik di negara kita, buah yang berwarna merah yang tumbuh dengan ketinggian 5-8 meter ini ternyata lebih banayk di tanam di asia tenggara. Itu berarti negara kita adalah yang termasuk mudah untuk menemukan buah delima.

Walau buah delima berasal dari timur tengah yaitu Iran, akan tetapi buah delima lebih dominan tersebar di kawasan subtropic hingga tropik. Tanaman ini umumnya hidup di daratan hingga di bawah 1000 dpl, tumbuh subur di tanah yang gembur serta memiliki kedalam air tanah yang dangkal. Dikarenakan mudah tumbuh di daratan negara kita, tanaman delima sering kali di jadikan tanaman hias, tanaman obat, dan sebagian lagi di budidayakan untuk di jual.

Tanaman delima terbagi menjadi 3 jenis yaitu delima merah, delima putih, dan delima ungu, akan tetapi yang paling populer adalah delima merah. Untuk mengembang biakkan nya cukup mudah dan tergolong tidak susah. Salah satu pembibitan delima adalah dengan  setek, setek merupakan metode pembibitan yang aman mudah di lakukan. Selanjut nya bisa juga di bibitkan dengan cara tunas akar, hal ini jauh lebih alami . Dan yang terakhir adalah metode pembibitan dengan cangkok, Cangkok bisa di lakukan di berbagai tanaman yang memiliki batang.

Pemanfaatan buah delima cukup banyak, adakalanya buah delima bisa di makan langsung atau bisa di jadikan bahan minuman. Seperti halnya jus delima, jus delima mungkin bisa di jadikan alternative minuman buah yang segar dan enak jika di konsumsi di cuaca yang panas, selain itu pemanfaatan buah delima juga bisa di jadikan campuran rujak atau campuran es rujak., rasanya sungguh segar dan kaya akan rasa.

Manfaat buah deima bagi kesehatan tubuh manusia tentunya tak kalah dengan buah buahan lain nya, ini di karenakan masyarakat telah mengenal manfaat dari buah delima dan sudah kita ketahui buah delima sering sekali di jadi kan obat bagi masyarakat. Beberapa manfaat berikut ini adalah keunggulan dari buah delima, antara lain ..

Manfaat  Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh Manusia
1. Mempercantik kulit
Buah delima sering kali di jadikan makanan favorite wanita di karenakan dapat menjaga kesehatan kulit, membersihkan kulit, serta menghindari peradangan kulit.

2. Mencegah kolestrol jahat pada tubuh
Menurut sebuah  penelitian yang telah dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, buah delima yang kaya antioksidan ternyata bisa mencegah oksidasi LDL atau kolesterol jahat didalam tubuh manusia

3. Mencegah radang tenggorokan
Buah delima juga mampu mencegah radang tenggorokan, untuk mengkonsumsinya bisa di buat jus terlebih dahulu

4. Kaya akan anti oksidan
Perlu di ketahui, buah delima sangat kaya akan kandungan anti oksidan yang kita tau anti oksidan sangat baik bagi tubuh manusia seperti menangkal penyakit penyakit kronis dan membunuh bakteri dalam tubuh

5. Kaya akan nutrisi
Sari buah delima sangat kaya akan kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh manusia di antaranya adalah kandungan ion kalium (potasium), vitamin A, C dan E serta asam folic. Dari bagian biji yang dapat dimakan, kandungan kalium per 100 gram (259 mg/gr), energi 63 kal, 30 mg vitamin C. Komponen ini dianggap sangat penting bagi kesehatan jantung

Sungguh beruntung sekali bagi masyarakat yang sering mengkonsumsi buah delima, kandungan nutrisi yang kaya dan khasiatnya yang baik bagi tubuh manussia tentunya bermanfaat bagi tubuh manusia.

sumber : wikipedia

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »