Manfaat Tanaman Buah Duku Serta Pemanfaatannya


Manfaat Tanaman Buah Duku Serta Pemanfaatannya
Duku sangat bervariasi sifat sifat dari pohon dan buahnya sehingga membuat para ahli membeda bedakannya atau memisahkannya menjadi berbagai spesies atau jenis yang berlainan. Akan tetapi pada dasarnya jenis duku ini kita menjadi 2 bagian besar yang kita kenal sebagai buah langsat dan buah duku dan ada juga capuran buah duku dan langsat sehingga disebut duku-langsat. Itu hanya 2 jenis besar, sebenarnya banyak lagi jenisnya dan penamaan nya dari tanaman spesies duku ini.

Buah duku sendiri menjadi buah yang menjadi identitas sumatera sehingga banyak yang mengatakan asal usul buah ini berasal dari asia tenggara dan penyebaran terbanyaknya ada diIndonesoa seperti sumatera. Jika kita bandingkan bentuk buah duku dan buah langsat sangat mirip akan tetapi berbeda dan perbedaan itu menonjol jika di bedakan dari isinya..

Buah duku umumnya ditanam untuk dimanfaatkan buahnya, bisa untuk dikonsumsi sendiri, dijual, maupun diolah menjadi produk makanan. Adapula masyarakat yang pintar memanfaatkan buah duku untuk dijadikan sirup atau minuman yang dikemas dalam botol sehingga memiliki daya jual yang tinggi.
Manfaat Tanaman Buah Duku Serta Pemanfaatannya

Pemanfaatan nya pun berbeda beda, bisa dijadikan obat tradisional,ada yang dijadikan bahan bakar, ada juga dimanfaatkan untuk kepentingan lainnya. Sebagai contoh biji buah duku yang dikeringkan lalu ditumbuk yang berkhasiat untuk mengobati cacingan pada perut. Bijinya dikeringkan lalu ditumbuk terus bisa direbus dengan air dan diminum air rebusannya.
Kulit kayunya juga dimanfaatkan untuk penyakit sentri dan malaria, hal ini sering dilakukan oleh tabib tabib tradisional dalam mengobati penyakit malaria, sementara itu tepung dari kulit tanaman buah duku dapat dimanfaatkan untuk  penetral racun bekas gigitan atau sengatan kalajengking. Kulit buahnya sendiri bisa dijadikan obat diare dan sebagian memanfaatkannya untuk bahan pendukung untuk masakan dan sambal.

Secara umum tanaman buah duku ini cukup banyak manfaatnya, bahkan dinegara-negara tertentu ada yang dimanfaatkan untuk pengusir nyamuk. Semoga artikel ini menarik masyarakt untuk mencangkul lebih dalam lagi untuk pemanfaatan tanaman buah duku ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
March 14, 2018 at 2:42 PM delete

Kami tantang para semua yang suka bermain judi online
dengan kemungkinan menang sangat besar.
pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
PIN BB : D61E3506
Whatsapp : +85598249684
L ine : Sinidomino
poker online

Reply
avatar