Manfaat Tanaman Jamblang Untuk Pengobatan Tradisional dan Modern


Manfaat Tanaman Jamblang Untuk Pengobatan Tradisional dan Modern
Jamblang atau disebut juga jambu keling merupakan tanaman yang masih termasuk dari jenis habitan jambu-jambuan. Jambang memiliki rasa sepat dan asam namun cukup populer dikalangan masyarakat. Pohon nya yang kokoh dan memiliki ketinggian 20-30 meter dan banyak dibibitkan di daerah tropis. Penyebaran aslinya sebenarnya berada didaerah subtropis seperti himalay,hindia, dan sekitarnya.

Kegunaan jamblang juga bervariasi, biasanya masyarakat memakannya tanpa di olah, akan tetapi disebagian masyarakat menjadikanan makanan yang terbilang unik. Sebelumnya jamblang direbus terlebih dahulu lalu dicampur dengan garam. Dipercaya buah jamblang banyak mengandung gizi dan nutrisi diantaranya adalah vitamin A dan Vitamin C, dan sebagian masyarakat menggunakan buah jamblang untuk membersihkan gigi.

Untuk kayunya sendiri terbilang kokoh namun mudah pecah, dan sering kali dimanfaatkan untuk kayu bakar atau kayu bangunan, selain itu juga kayu menghasilkan pewarna alami yang biasa digunakan untuk jala sedang serpihan kayunya bisa dijadikan makanan ternak.

Manfaat Tanaman Jamblang Untuk Pengobatan Tradisional dan Modern
Untuk sebagian negara tertentu tanaman jamblang sering digunakan untuk aktivitas komersil, semisal dijual atau pun dijadikan produk tertentu. Biasanya dijadikan produk aroma terapi ataupun obat obatan tradisional. Sebagian masyarakat mempercayai buah jamblang sebagai obat yang berkhasiat contohnya saja pada bagian biji jamblang yang digunakan ntuk mengobati penyakit strikhnina (strychnine), yaitu sejenis penawar racun yang spesifik, dan bisa mengobati penyakit limpa. Hasil penelitian di India juga menunjukkan bahwa buah jamblang berpotensi sebagai alat kontrasepsibagi pria dewasa. Kemudian, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa biji, daun, dan pepagan jamblang dapat mengobtati atau mencegah atau menurunkan kadar kolestrol penyakit diabetes, yang dipertegas lagi dengan percobaan binatang yang menunjukkan tumbuhan ini mencegah katarak akibat penyakit diabetes. Jamblang mengandung minyak atsiri, jambosin, asam organik, triterpenoid, dan resin yang mengandung asam elagat, dan tanin. Praktisi Ayurweda menunjukkan bahwa daging buah dapat menurunkan darah selama 30 menit, bijinya dapat menurunkan kadar gula darah dalam waktu 24 jam, dan hasil maksimum pencapaian efek hipoglikemik dalam waktu 10 hari.

Banyak sekali kegunaan tanaman jamblang dari untuk keperluan jual beli hingga digunakan untuk bahan pengobatan tradisional dan modern. Berminatkah anda untuk membibitkan nya ?

sumber : wikipedia

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »