Manfaat Kunyit Sebagai Obat Tradisional


Manfaat Kunyit Sebagai Obat Tradisional
Kunyit merupakan salah satu tanaman rempah yang populer di Asia Tenggara dan berasal dari Asia Tenggara. Hampir bagian masyarakat Asia Tenggara memanfaatkan kunyit sebagai rempah rempah masakan ataupun sebagai obat-obatan tradisional, adapun juga dijadikan minuman seperti jamu. Mengolahnya pun tergolong mudah dan sederhana, beberapa produk makanan yang terbuat dari kunyit adalah nasi kuning, makanan yang sangat populer sekarang dimasyarakat kita. Begitu banyak variasi dari masakan nasi kuning yang berbahan dasar kunyit dan beras ini.
Manfaat Kunyit Sebagai Obat Tradisional

Kegunaan kunyit bermacam macam, ada yang sebagai rempah makanan ada juga sebagai obat obatan, sebelumnya kami akan membahas kegunaan lainnya sebelum masuk ketahan obat. Kunyit banyak dijadikan sebagai rempah masakan baik untuk penyedap masakan maupun sebagai pewarna makanan, warna kuning pekat pada kunyit sering dijadikan bahan pewarna makanan alami yang biasa dipakai untuk pewarna makanan seperti nasi kuning.
Kunyit juga dipercaya dapat menambah nafsu makan pada anak selain itu juga sebagai suplemen alami bagi tubuh, tak jarang ada pengusaha yang memproduksi suplemen dalam bentuk kapsul dengan berbahan kunyit. Beberapa nutrisi dan gizi pada kunyit yaitu Vitamin B1, B2, B6, B12, Vitamin E, Lesitin, Amprotab, Mg-stearat, Nepagin dan Kolidon 90 yang baik bagi tubuh kita
Manfaat Kunyit Sebagai Obat Tradisional

Pemanfaatan kunyi sebagai obat tradisional tentu sudah tak asing bagi kita, karena ini sudah menjadi tradisi kita selama ini.

Beberapa penyakit yang dapat diobati dengan kunyit yaitu  :
-mendinginkan badan,
-membersihkan,
-mempengaruhi bagian perut Khususnya pada lambung ,
-merangsang,
-melepaskan lebihan gas di usus,
-menghentikan pendarahan dan mencegah penggumpalan darah,
-anti gatal,
-anti septik,
-anti kejang
-mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut


Kunyit bisa dipakai untuk menyembuhkan beberapa hal yang berkaitan dengan penyimpangan pada kerja ginjal, terutama pada bebrapa kasus-kasus yang ditandai dengan bau badan yang tidak sedap dan mata yang tidak tahan terhadap sinar, penggunaan kunyit adalah sangat effektif, yaitu dengan meminum segelas juice kunyit (dibuang ampasnya), selama 2 minggu berturut-turut.

Cara sederhana adalah :
  1. Ambil segenggam kunyit, lalu kupas
  2. Parut atau jus dengan blender (biasa ditambahkan air secukupnya)
  3. Didihkan 2-3 kali (biasa ditandai dengan pemuaian)
  4. Tambahkan garam sedikit (seujung sendok)
  5. Saring dan Peras
  6. Tuangkan perasan jeruk nipis (1 - 3 biji, sesuai selera)
  7. Tambahkan gula atau madu
  8. Minum selagi hangat
Masih banyak lagi khasiat dari kunyit untuk pengobatan seperti flu,pilek, demam, dan lain lain. Selain itu kunyit jauh lebih aman di banding dengan obat tablet yang dijual di toko bat maupun apotek. Berminat mengembangkannya ?

sumber : wikipedia


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »