Manfaat Ketumbar untuk Pengobatan Berbagai Penyakit


Manfaat Ketumbar untuk Pengobatan Berbagai Penyakit
Ketumbar merupakan tanaman rempah yang sangat populer didunia, kegunaannya pun beragam dari sebagai rempah bahan makanan maupun sebagai obat. Jika kita perhatikan, pemanfaatan ketumbar kebanyakan pada bijinya yang sering sekali dijadikan rempah masakan sehari hari maupun masakan untuk hidangan acara tertentu. Buahnya yang kecil dan dikeringkan sebelum diperdagangkan memiliki nilai tersendiri dan ketumbar juga sudah populer dipasaran dunia. Banyak diperdagangkan dieropa dan berasal dari eropa, dan dalam bahasa inggris ketumbar juga di panggil cilantro

Untuk di Indonesia sendiri ketumbar cukup populer dan banyak digunakan untuk masakan masakan tradisional, dan sering kita menjumpai acara masak yang tak pernah meninggalkan ketumbar. Biasanya ketumbar yang digunakan untuk memasak bebentuk bubuk ini dikarenakan agar ketumbar mudah diserap oleh masakan.
Manfaat Ketumbar untuk Pengobatan Berbagai Penyakit

Daunnya pun tak halnya seperti biji ketumbar yang populer dimasyarakat asia tenggara yang biasa dipergunakan untuk masakan sup atau masakan berkuah. Dan ada juga masyarakat yang menjadikan daun ketumbar sebagai salad sebagai makanan program diet.

Manfaat ketumbar cukup banyak sekali dan bisa dibilang ketumbar merupakan rempah obat tradisional, beberapa manfaat ketumbar biasanya digunakan pelancar pencernaan, peluruh kentut (carminative), peluruh ASI (lactago), dan penambah nafsu makan (stomachica). Namanya berbeda-beda di berbagai negara juga di berbagai daerah di Indonesia.

Selain itu juga pemanfaatan ketumbar sebagai obat-obatan tidak sampai disitu beberapa penyakit berikut ini dapat dicegah bila kita mengkonsumsi ketumbar seperti meredakan pusing, muntah-muntah, influenza, wasir, radang lambung dan radang payudara, campak, masuk angin, tekanan darah tinggi, dan lemah syahwat.

Saat ini cukup banyak yang menjadikan ketumbar peluang usaha dikarenakan permintaannya yang banyak, akan tetapi daya saing yang tinggi bukan berarti kita akan selalu mendapatkan untung yang besar.

sumber : wikipedia


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »